Wednesday, November 15, 2006

PKS Jakarta Siapkan Lima Ribu Kader Kesehatan

(posted in sekilas info)

Jakarta (14/11) - PKS Jakarta menyiapkan program yang bertujuan meningkatkan pelayanan pada masyarakat khususnya di bidang kesehatan dengan dukungan 5000 Kader Kesehatan PKS. Menurut Ketua Deputi Kesehatan dan Sosial, DPW PKS DKI Jakarta, drg Wahyu, PKS DKI Jakarta akan menyelenggarakan pelatihan untuk kader awam kesehatan tentang penanggulangan demam berdarah dan pelayanan kesehatan masyarakat. Diharapkan dari pelatihan tersebut akan diperoleh SDM-SDM yang mampu menjadi tenaga penyuluh kesehatan di wilayah masing-masing. Program ini sekaligus dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional pada 12 November lalu. baca

Puncak dari kegiatan pelatihan di seluruh DKI, dikatakan Wahyu adalah Apel Siaga 5000 kader kesehatan PKS. ”Direncanakan pada bulan Desember 2006 pelantikan terhadap kader kesehatan PKS se-Jakarta dapat dilakukan,” urai Wahyu. Masih menurut pria yang juga peneliti ini, selain menjadi penyuluh nantinya peserta pelatihan yang dilangsungkan pada 19 November 2006 ini, diharapkan juga mampu menjadi penyampai informasi mengenai program-program kesehatan masyarakat yang penting.

Wahyu menambahkan, sebenarnya dana yang dikucurkan untuk sektor kesehatan oleh pemerintah cukup banyak, namun karena tidak tersosialisasi masyarakat belum banyak yang memanfaatkannya. Pelatihan untuk tenaga awam kesehatan ini dibuat secara berjenjang, dimulai dari kader di Kotamadya, Kecamatan hingga tingkat Kelurahan atau di struktur pengurus ranting.

Program lain yang telah disiapkan PKS DKI Jakarta adalah pelatihan kesehatan untuk tenaga-tenaga terampil, seperti kepanduan dan tenaga kesehatan. Dari pelatihan ini, kader-kader yang telah mengikutinya akan menjadi ujung tombak PKS Jakarta dalam penanggulangan bencana. Selain itu, para kader terampil ini juga bisa menjadi cadangan sukarelawan pada bencana-bencana nasional, meskipun hal itu tidak diharapkan terjadi.(humas)

www.pks-jakarta.or.id

No comments: