Friday, October 20, 2006

Kemarau: PKS Bagikan Air Gratis

(posted in sekilas info)

Lampung - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Metro sejak musim memberikan bantuan air bersih gratis kepada warga yang tersebar di lima kecamatan se-Kota Metro. Pemberian bantuan air bersih menggunakan tangki berkapasitas 5.000 liter itu sering menjadi rebutan warga yang membutuhkan. Tak ayal, bagi setiap warga yang membutuhkan air terpaksa mengantre menunggu giliran. Sedikitnya satu tangki air setiap harinya disalurkan untuk memenuhi kebutuhan warga.

Nasrianto Effendi, wakil rakyat dari PKS yang selalu mengawal pembagian air bersih, mengatakan kegitan tersebut akan dilaksanakan hingga musim kemarau berakhir.

Ia berharap dengan bantuan air bersih yang memang sangat dibutuhkan, setidaknya meringankan beban masyarakat. baca Baik ditinjau dari segi ekonomi maupun tenaga. Pasalnya, dari setiap jeriken air bersih, warga harus mengeluarkan Rp1.000 - Rp2. 000.

"Bayangkan, kalau rata-rata dalam sehari setiap keluarga membutuhkan air minimal lima jeriken, berapa uang yang harus mereka keluarkan," kata Nasrianto, di tengah-tengah pelaksanaan pembagian air, di Kelurahan Imopuro, Kecamatan Metro Pusat, Minggu (15-10).

Mengingat keterbatasan kendaraan sebagai alat angkut, program pemberian air bersih tersebut harus bergiliran. Misalnya, kata Nasrianto, kalau kemarin di kelurahan A, hari ini di kelurahan B, dan besoknya di kelurahan C. Sehingga tidak memungkinkan jika kemarin di kelurahan A, hari ini masih di kelurahan yang sama.

Disinggung soal keberadaan mobil pengangkut air, Nasrianto mengatakan pihaknya meminta bantuan kepada Dinas Tata Kota. Meski demikian, katanya, semua bahan bakar dan tenaga menjadi tanggung jawab PKS.

Mengenai berapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk membantu warga dalam mengatasi kesulitan air, Nasrianto kurang berkenan untuk menyebutkan secara perinci. "Baiknya kalau tangan kanan memberi, tangan kiri jangan sampai tahu," katanya.

Sementara, Slamet, di antara sekian warga yang memperoleh air bersih
secara gratis mengatakan bantuan tersebut sangatlah besar artinya. Menurut dia, sebelum adanya bantuan air bersih gratis, ia terpaksa merogok kocek antara Rp5.000- Rp10 ribu untuk memenuhi kebutuhan air.

"Bagi saya sebagai penarik becak, bantuan air bersih secara gratis ini sangat besar artinya dan sangat membantu sekali," kata Slamet.

Hal yang sama juga dirasakan Jumi, warga Iringmulyo. Ibu tiga anak itu berharap hendaknya bantuan air tersebut dapat dilakukan setiap hari. (lampungpost.com/171006)

No comments: