Friday, January 05, 2007

PKS Ikut Kembangkan UKM di Jatim

(posted in sekilas Info)


Surabaya- Deputi UKM DPW PKS Jatim menggelar Pelatihan Kewirausahaan bagi para calon pengusaha di Jawa Timur pada Hari Sabtu-Ahad, 24 - 25 Desember di Diklat PU Surabaya.

"Pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran akan peran penting wirausaha dalam kehidupan, menanamkan mindset kewirausahaan, dan menumbuhkan motivasi/ semangat kewirausahaan, " ujar Ketua deputi UKM DPW PKS Jatim Basuki Abdul Aziz dalam siaran persnya, Selasa (26/12).
baca
Menurut Basuki, UKM mengalami permasalahan untuk berkembang diantaranya sedikitnya pemain bisnis yang tanguh, banyak yang belum mampu untuk memanfaatkan potensi pasar yang ada, kurang bainya pencatatan keuangan bisnis, kurangnya kompetensi yang dimiliki UKM, dan rendahnya budaya wirausaha.

Lebih lanjut Basuki menjelaskan bahwa pelatihan yang diikuti oleh 78 calon pengusaha ini dirancang dengan menggunakan metode edukasi berupa ceramah dan simulasi. Pihaknya mensyaratkan beberapa kriteria bagi peserta yang akan mengikuti pelatihan ini diantaranya; Amanah, kreatif, ulet, mempunyai bakat usaha, mampu mengoeprasikan PC atau Note Book, dan mempunyai kemampuan manjerial.

Selama dua hari, para peserta mendapatkan materi pelatihan diantaranya; Mehamami konsep Dasar dan Peran Kewirausahaan, Kisah sukses Berwirauasha, Tren Model usaha saat ini, Analisa Kelayakan usaha, How To Start Business, dan Business plan yang efektif.

Untuk Kisah suskes, hadir Artono (Dirut PT Arto Metal International) yang memberikan resep bagaimana memulai usaha hingga berhasil. Artono menyampaikan Suka dukanya, jatuh bangunnya serta hambatan-hamabatan usaha tatkala baru memulai bisnis UKM.( suaramerdeka.com/261206)

No comments: