Wednesday, January 10, 2007

Depok Peringkat Satu Transparansi Tender

(posted in sekilas info)


Depok- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan Pemkot Depok merupakan intansi paling transparan dalam penyelenggaraan tender proyek pengadaan barang dan jasa di Indonesia. Ini dibuktikan dengan hasil evaluasi Departemen Komunikasi dan Informasi (Depkominfo) dan KPK atas pelaksanaan sistem pengumuman rencana tender secara elektronik (e-announcement) yang berlangsung di Kantor KPK, kemarin.

Berdasarkan data Depkominfo, Depok menempati peringkat pertama di antara istansi yang menerapkan announcement, seperti KPK, Depkominfo, Departemen Keuangan, Pemprov DKI, Pemprov Nangro Aceh Darussalam, Pemkot Denpasar, Pemkot Bekasi, dan Pemkot Banda Aceh. baca

Dari data itu diketahui, Depok paling banyak memberikan data pengumuman pembukaan lelangnya melalui situs Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappenas).

Pemkot Depok tercatat telah mengumumkan sebanyak 315 proyek yang berada di seluruh instansinya. "Dengan peringkat ini, kami berharap upaya transparansi pelaksanaan tender projek akan terus meningkat," kata Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail di Balai Kota, seusai mengikuti acara launching e-announcement KPK, kemarin.

Menurut wali kota, penilaian itu diberikan berdasarkan hasil evaluasi KPK dan Bappenas terhadap 24 instansi di Indonesia yeng menerapkan e-anouncement selama setahun lalu. KPK, kata Nurmahmudi, telah menyosialisasikan sistem e-anouncement sejak Februari tahun 2006. Kemudian, Pemkot Depok menindaklanjutinya dengan mulai mengirimkan data pengumuman lelang kepada situs Bappenas. (pikiran-rakyat.com/080107)

No comments: