Monday, January 08, 2007

Deptan Programkan Asuransi Pendidikan Bagi Anak Petani

(posted in sekilas info)


Palangka Raya - Departemen Pertanian RI mulai tahun anggaran 2007 menyiapkan program asuransi pendidikan bagi anak petani berprestasi sebagai upaya peningkatan sumber daya manusia pertanian di Indonesia.

"Kami menilai untuk memajukan pertanian di Indonesia, maka SDM pendukungnya haruslah kuat. Upayanya termasuk memberikan asuransi pendidikan itu," kata Menteri Pertanian Anton Apriantono, di Palangka Raya, Selasa. Ia mengemukakan, data SDM dan tingkat pendidikan petani di Indonesia masih relatif rendah, sekitar 70-80 persen petani hanya tamat SD atau bahkan tidak tamat SD.
baca
"Untuk menolong para petani kita, maka generasi petani berikutnya haruslah SDM-SDM dengan pendidikan yang memadai," ujarnya.Asuransi pendidikan diarahkan untuk menyekolahkan anak petani agar bisa meraih jenjang pendidikan dari tingkat dasar hingga tertinggi sampai sarjana.

Jumlah asuransi pendidikan yang dialokasikan Deptan pada awalnya direncanakan untuk 3.000 orang, namun hingga kini dana yang telah tersedia baru untuk 875 orang."Dalam perjalanannya kami akan upayakan agar jumlah itu bisa tercapai, sedangkan saat ini dana yang ada baru Rp20 miliar," kata Anton.

Sementara untuk prioritas pembagian asuransi, Anton mengatakan, akan dibagi secara merata di seluruh pelosok Indonesia. "Penentuan pembagian dari bawah ke atas. Sehingga tiap berapa kecamatan ada satu yang dapat, mekanisme selanjutnya tengah kami susun," jelasnya.

Ia berharap, siswa yang memperoleh asuransi saat memasuki jenjang S-1 kemudian dapat mengambil studi pertanian secara umum. "Karena kami ingin agar setelah lulus, mereka dapat kembali ke desanya untuk mengabdikan ilmunya," tambahnya.(republika.co.id/020107)


No comments: