Friday, January 12, 2007

Hidayat: Bantuan Asing Tidak Boleh Rugikan Kedaulatan RI

(posted in sekilas info)


Jakarta - Ketua MPR Hidayat Nurwahid permintaan Pemerintah RI kepada negara asing dalam menemukan keberadaan pesawat Adam Air yang hilang sebagai sesuatu yang wajar. Namun, Hidayat berpesan agar bantuan tersebut tidak menjadikan Indonesia sebagai negara yang tidak berdaulat dan mudah diintervensi negara lain.

"Wajar saja. Nyatanya Indonesia juga tidak mampu. Tuntutan masyarakat dan keluarga korban sangat besar. Belum lagi pencarian korban tenggelamnya kapal Senopati," kata Hidayat di Gedung MPR/DPR Jakarta, Selasa (9/1).
baca
Hidayat mengatakan, secara faktual Indonesia memiliki kendala dalam kepemilikan alat pendeteksi (radar). Dengan bantuan negara luar, pemerintah justru diharapkan menjadikan kesempatan tersebut untuk membangun komunikasi dengan komunitas global.

Yang terpenting, dengan bantuan itu tidak sampai merugikan kedaulatan RI. Negara merasa berutang budi, sehingga mudah didikte negara-negara yang memberikan bantuan. "Kita berharap bantuan itu murni kemanusiaan, " harap dia.

Dengan banyaknya kelemahan yang dimiliki bangsa Indonesia, semestinya menyadarkan seluruh elemen bangsa agar sadar dan berbuat lebih produktif. Tidak perlu saling menyalahkan, apalagi menjatuhkan demi kepentingan pribadi. "Ini semua harus dihindari," tandasnya. (fpks-dpr-ri.com/110107)

No comments: