Wednesday, February 07, 2007

Korban Banjir Protes Menko Kesra

(posted in sekilas info)

Jakarta - Hujan lebat yang mengguyur ibukota Jakarta sejak awal Februari lalu mengakibatkan sekitar 70% wilayah jakarta terendam banjir dengan jumlah pengungsi meningkat mendekati angka 150.000 dan korban meninggal mencapai 20 orang. Kerusakan akibat banjir yang dinilai lebih dahsyat dari banjir tahun 2002 lalu ini pun tak pelak memberi dampak yang hebat pula di berbagai bidang pasca banjir.

Jika dibandingkan dengan banjir 2002 lalu, arus air yang masuk ke Jakarta lebih rendah, tetapi kemampuan pembuangan dan penyerapan air jauh lebih rendah lagi. Sehingga pada 4 Februari 2007, pintu air Manggarai terpaksa dibuka karena arus air sungai Ciliwung meningkat.

Ratusan korban banjir yang merupakan warga Cipinang, Jakarta Timur, pada hari Rabu (7/2/2007) berunjuk rasa di depan gedung DPR/MPR. Merka memprotes pernyataan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Aburizal Bakrie yang mengatakan masalah banjir di Jakarta terlalu dibesar-besarkan oleh pers.

" Saya kira masalahnya perlu kita tangani, tetapi tidak perlu dibesar-besarkan...toh kita lihat para korban masih bisa tertawa dan sebagainya." (Aburizal, 7/2/2007)

Pernyataan Menko Kesra, Aburizal Bakrie ini menjadi sorotan anggota DPR. Ketua DPR, Agung Laksono menilai pernyataan Aburizal sebagai wujud ketidakpekaan pejabat terhadap penderitaan rakyat. Padahal seperti yang diketahui, banjir telah merendam hampir 70% wilayah Jakarta dan masih belum surut di beberapa wilayah hingga saat ini.
( Sumber : SCTV & Suara Pembaruan )

No comments: